Monday 3 February 2014

Feline panleukopenia


Penyakit ini disebut juga Feline Parvovirus, Feline Infectous Enteritis/FIE (radang usus menular), dan Feline Distemper
Panleucopenia adalah penyakit serius yang cukup berbahaya pada kucing. Penyakit ini diakibatkan oleh virus. Tingkat kematian pada penyakit ini mencapai 95 % pada kucing yang belum di vaksinasi, penyakit ini sangat mudah menular antar kucing tetapi tidak menular kepada anjing atau manusia.

Penularan Virus Panleukopenia dapat terjadi lansung dan tidak lansung melalui air liur, kencing, muntah atau melalui kotoran kucing yang terinfeksi, seekor induk yang bunting dapat menularkan pada anaknya. Virus ini dapat bertahan cukup lama diluar tubuh kucing, bahakan desinfectan tidak mampu membunuh virus ini, formalin dipercaya satu-satunya bahan yang bisa membunuh virus ini, untuk itu disaran kan bagi pemilik kucing yang mati karena virus ini disarankan untuk tidak memelihara kucing baru minimal 6 bulan, penularan terbesar terjadi melalui kontak dengan kandang, lantai atau peralatan makan dan minum kucing yang tercemar virus dan tidak dibersihkan dengan desinfektan yang sesuai.



Virus masuk ke tubuh kucing biasanya melalui mulut, berkembang di kelenjar pertahanan di bagian mulut, lalu menyebar ke seluruh tubuh.Kemudian virus akan berkembang di beberapa organ seperti kelenjar pertahanan seluruh tubuh, sumsum tulang dan selaput lendir usus yang menyebabkan hancurnya usus.Gejala : Penyakit ini dapat menyebabkan anemia, muntah-muntah dan diare yang parah pada kucing. Kadang-kadang perkembangan penyakit sedemikian cepat sehingga anak kucing mati dalam 24 jam secra tiba-tiba sebelum pemiliknya sempat melihat tanda-tanda sakit. Setelah diare dan muntah, biasanya diikuti dengan hilangnya nafsu makan yang mengakibatkan dehidrasi dan kematian.

Pengobatan
Tidak ada tindakan Pengobatan terbaik untuk penyakit ini, banyak laporan atau isu tentang pengobatan dengan herbal tertentu atau pengobatan china serta obat anti virus tertentu, tetapi percayalah tidak ada bukti klinis dan ilmiah jika obat-obatan yang anda baca di group cat lover ada bukti ilmiah yang menunjukan obat itu bekerja.
Di dalam klinik hewan sendiri terkadang saat dokter hewan anda mendiagnosa kucing anda terinfeksi panleukopenia dan kucing anda sembuh, mungkin dokter anda  akan melalui ragu dengan diagnosanya, percayalah ada banyak penyakit dengan gejala yang hampir mirip atau mirip gejala panleukopenia

Pencegahan :
vaksinasi yang teratur. Anak kucing dapat divaksinasi pada umur 8-10 minggu. Agar kekebalan yang terbentuk lebih terjamin sebaiknya vaksinasi diulang 1 bulan kemudian. Setelah itu vaksinasi dianjurkan diulang setiap tahun. Untuk kucing dewasa atau berumur lebih dari 6 bulan yang belum pernah divaksinasi, vaksinasi bisa dilakukan tiap tahun.

by. drh. Jeffry Wahyudi








No comments:

Featured Post 4